Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Seputar Musholla RAPI

Seputar Musholla RAPI


Musholla RAPI terletak di Gg. Merah Putih,Jl. Raya Colo Muria Km. 5, Bae Krajan RT. 4/I, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Kudus telah dikenal di Indonesia bahkan di dunia karena di kota inilah diutus dua orang Waliyullah dari Wali Songo yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria untuk berdakwah menyebarkan agama Islam yang masih dapat kita rasakan hingga sekarang ini.

Sejarah Berdiri

Mungkin nama RAPI agak terdengar aneh untuk nama sebuah musholla. Sebenarnya, RAPI adalah kependekan dari Rukun Amal Pemuda Islam, yang dirintis oleh KH. Suratmin (Modin) dan KH. Syukri sejak tahun 1970an sebagai wadah kegiatan ummat Islam di Bae Krajan, Kabupaten Kudus.

Atas wakaf tanah dari seorang sesepuh di Bae Krajan (Mbah Windi dan Mbah Jatmi), maka didirikanlah Musholla RAPI pada tahun 1980an. Letaknya yang strategis, berdekatan dengan Sungai Gelis (sumber air untuk wudhu) membuat masyarakat antusias untuk beribadah di Musholla ini, karena pada waktu itu belum ada jetpam seperti sekarang ini.

Musholla RAPI mengalami beberapa renovasi dan perbaikan yang kebanyakan diprakarsai oleh Bp. H. Asyhadi. Renovasi yang terakhir pada tahun 2010 diprakarsai oleh Pengurus dan Remaja Musholla RAPI atas bantuan dana dari masyarakat sekitar dan donatur.

Kegitan Rutin Musholla

Sebagai wadah silaturrahmi dan kegiatan ummat, Musholla RAPI memiliki beberapa kegiatan rutin yaitu:

1. Tadarus Qur'an

Dilaksanakan malam ahad ba'da Maghrib. Merupakan kegiatan rutin malam ahad ba'da maghrib untuk ibadah membaca Alqur'an bersama.

2. Ngaji Rutin Malam Senin

Dilaksanakan setiap Ahad malam Senin ba'da Isya sebagai pembelajaran mengenal dan meneladani manusia paling mulia, Rasulullah Muhammad SAW kepada peserta maupun penduduk sekitar yang mendengarkan pembacaan Kitab Maulid dari rumah masing-masing.

3. Pengajian Lapanan Majlis Ta'lim Syamsid Dhuha (Bapak-bapak dan Remaja Putra)

Dilaksanakan setiap Kamis malam Jum'at Wage ba'da Isya. Ajang silaturrahim sesama warga, dengan acara pembacaan kitab alqur’an, QS Yasiin, Tahlil, sholawat, dan kajian islami. Majlis Ta’lim Syamsid Dhuha merupakan majlis gabungan penduduk dukuh Krajan. Tempat acara sewaktu-waktu bisa berubah sesuai permintaan warga yang ingin mengadakan hajat.

4. Pengajian Lapanan Majlis Ta'lim Muslimat (Ibu-ibu dan Remaja Putri)

Dilaksanakan setiap Jum'at Pahing ba'da sholat jum'at. Ajang silaturrahim sesama warga, dengan acara pembacaan kitab alqur’an, QS Yasiin, Tahlil, sholawat, dan kajian islami. Majlis Ta’lim Muslimat merupakan majlis gabungan penduduk dukuh Krajan. Tempat acara sewaktu-waktu bisa berubah sesuai permintaan warga yang ingin mengadakan hajat.

5. Rebana dan Hadrah Remaja Putra (Qasidah Sholawat)

Dilaksanakan  Sabtu malam Ahad ba'da Isya (tidak rutin) bersama PR IPNU IPPNU Desa Bae

6. Kegiatan Rutin Posyandu dan Pengobatan Gratis (Kerjasama Jamaah Ibu-ibu dengan Dinas Kesehatan Kecamatan Bae)

Dilaksanakan setiap Jumat Pahing mulai pukul 08.00 untuk kalangan umum. Merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh jamaah ibu-ibu kader Posyandu yang bertempat di halaman Musholla RAPI.

7. Kintun Doa dan Tahlil 

Dilaksanakan Setiap Malam Jumat ba'da Maghrib dan Hari Jumat Ba'da Subuh dipimpin oleh Imam Sholat Maghrib dan Sholat Subuh. Merupakan sarana mendoakan para orang tua dan leluhur yang telah wafat mendahuli kita.

8. Taman Pendidikan Qur'an Khusus Ibu

Dilaksanakan setiap Selasa dan Rabu mulai pukul 16.00 WIB hingga jelang maghrib di Teras Serbaguna Musholla RAPI. Pengajar berasal dari para santri Qira'ati.


Kegiatan-kegiatan di atas bisa ditiadakan apabila pengasuh berhalangan hadir atau bertepatan dengan kegiatan-kegiatan yang lain.
Adv 1
Share this article :

Komentar baru tidak diizinkan.
 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger