Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Doa Menghapal Qur'an dan Menolak Lupa

Doa Menghapal Qur'an dan Menolak Lupa


Ibnu Abbas berkata: ‘Ali bin Abi Tholib berkata: wahai Rosulullah SAW, Al-qur’an hilang dari dadaku(hafalanku). 

Maka Rasulullah SAW bersabda: “aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat, semoga dengan kalimat ini Allah memberikan manfa’at kpadamu dan kepada orang yang kau ajarkan:

Sholatlah pada malam jum’at pada sepertiga malam terakhir


Jika tidak mampu maka pertengahan malam.  

Jika tak mampu maka pada awal malam. 

Sholatlah 4 roka’at. Roka’at pertama membaca surah Yaasiin, roka’at kedua membaca suroh Ad-Dukhon, roka’at ke tiga membaca Haamiim As-Sajadah, roka’at ke empat mmbaca Al-Mulk.


Setelah kau selesai membaca Tasyahud, Pujilah Allah dan baguskanlah Sanjungan Kepada-Nya dan bersholawat kepadaku dan kepada para Nabi dan mintakan ampun untuk kaum mu’minin dan saudaramu yang mendahuluimu dengan iman, lalu ucapkan:



اللهم ارحمني بترك المعاصي ابدا ما ابقيتني و ارحمني من ان اتكلف ما لا يعنيني وارزقني حسن النظر فيما يرضيك عني اللهم بديع السموات و الارض ذا الجلال والاكرام والعزة التي لا ترام اسألك يا الله يارحمن بجلالك و نور وجهك ان تلزم قلبي حب كتابك كما علمتني وارزقني ان اتلوه علي النحو الذي يرضيك عني و اسألك ان تنور بالكتاب بصري وتطلق به لساني وتفرج به عن قلبي و تشرح به صدري و تستعمل به بدني و تقويني علي ذلك و تعينني عليه فانه لا يعينني علي الخير غيرك و لا موفق الا انت



Lakukanlah amalan ini 3x atau 5x atau 7x maka kau akan bisa menghafalnya dengan idzin Allah.


Lalu sayyidina Ali datang kpada Nabi SAW setelah melakukannya 7x, lalu berkata:” ya Rosulallah SAW, demi Allah
, dulu aku membaca 4 ayat atau seumpamanya namun ketika aku baca hilanglah 4 ayat itu, tetapi sekarang aku mempelajari 40 ayat atau seumpamanya maka ketika aku membacanya seolah-olah Al-Qur’an ada di hadapanku. 


Dan dulu aku mendengar suatu hadits tetapi ketika aku ulang ia hilang Dan aku sekarang mendengar beberapa hadits dan ketika aku mengatakannya kepada orang lain aku tidak melewatinya 1 huruf pun” . 


Maka Nabi SAW bersabda: “Demi Allah, ajarkanlah wahai Abal Hasan, ajarkanlah wahai Abal Hasan” (turmudzi: ini hadits hasan ghorib)

 


Sumber: Hadist Riwayat Imam Turmudzi (Hadist Hasan Gharib) Diambil dari kitab Fadloilil Qur’an yang ada di kitab Tafsir Ibnu Katsir Juz 4
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger